Header Ads

Tifatul: Berpolitiklah Secara Dewasa

Tifatul: Berpolitiklah Secara Dewasa
Nasional
24/2/2011 | 19 Rabiul Awwal 1432 H | Hits: 945
Oleh: Tim dakwatuna.com
Dakwatuna.com – Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, mengimbau semua pihak, khususnya pendukung koalisi pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Wapres Boediono, agar tidak menonjolkan sikap emosional.

”Khususnya terkait dalam menanggapi hal-hal yang berkembang saat ini,” ujar Tifatul dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis (24/2). “Dewasalah dalam berpolitik. Intinya, komunikasi yang kurang lancar itu diperbaiki.”

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyayangkan jika kekuatan besar koalisi itu tidak dapat dikonsolidasikan untuk menyukseskan program-program pemerintah SBY-Boediono. Bahkan, Tifatul menambahkan bahwa di masa yang akan datang belum tentu Indonesia mampu mewujudkan koalisi sebesar ini.

Tifatul juga mengingatkan bahwa Presiden SBY sudah memberi arahan bahwa Setgab haruslah bersikap antisipatif. Bahkan, katanya, SBY memberikan permisalan bahwa mengambil keputusan politik itu seperti orang terjun payung. “Kalau sudah loncat dari pesawat, tidak bisa kembali lagi,” katanya. ”Jadi, jangan dadakan terus, tiba-tiba ada instruksi begini begitu. Bangunlah komunikasi sesuai kontrak politik itu. Ada level pembina di sisi menteri-menteri dan sisi parlemen. Komunikasi ini adalah kuncinya.”

Pada sisi lain, ungkap Tifatul, ada pihak-pihak yang ngomporin dan hampir tiap hari bicara reshuffle (perombakan) kabinet. Padahal, ini adalah ranah prerogatif presiden.

“Ada yang belum baca isi kontrak politik itu rajin komentar. Ada yang baru bergabung, tidak berjuang dan tidak berkeringat, ikut memanas-manasi keadaan. Ayolah bangun kematangan berpolitik bangsa ini,” kata Tifatul. (RoL)
Diberdayakan oleh Blogger.